Cara Mengecek Tagihan BPJS Online

Bagikan Yuk!

Ada berbagai metode dan cara cek tagihan BPJS. Sebagai pihak yang menyelenggarakan program tersebut, pemerintah sudah memikirkan berbagai cara untuk memudahkan rakyat dalam program BPJS. Program BPJS sendiri dimulai pada tahun 2014. Program tersebut diselenggarakan bagi rakyat sebagai asuransi kesehatan yang lebih terjangkau daripada asuransi kesehatan lainnya. Maka karena itu, BPJS merupakan salah satu program yang sangat diminati oleh orang banyak.

Iuran BPJS

Jika Anda ikut menjadi anggota pengguna BPJS, Anda diharuskan untuk membayar iuran atau tagihan setiap bulannya. Berapa banyak uang yang harus Anda iuran juga tergantung layanan yang Anda pilih. Tergantung dengan programnya, iuran BPJS bisa mulai dari 50 ribuan sampai 200 ribuan per bulannya.

Cek Tagihan BPJS

Anda bisa mengecek dan bayar BPJS lewat Website resmi BPJS yang disediakan oleh pemerintah, ATM, Aplikasi ponsel pintar, SMS, dan berbagai jalan lainnya seperti call center atau mendatangi kantor BPJS secara langsung.

  1. Cek Tagihan BPJS lewat website Resmi

Salah satu cara cek tagihan BPJS adalah melalui website resmi program tersebut. Peserta dapat dengan mudah melihat berbagai info lewat website resmi tersebut, baik anggota yang mengikuti BPJS secara pribadi maupun yang tanggungannya dibebankan oleh perusahaan.

Ini berbagai cara untuk melihat dan cek informasi BPJS di situs website resmi pemerintah. Ketika Anda masuk ke website resmi BPJS, Anda akan masuk ke halaman utama situs tersebut. Anda bisa klik menu “cek iuran BPJS”. Setelah Anda berhasil membuka halaman yang baru, Anda akan menemukan dua kolom kosong. Kolom tersebut merupakan kolom nomor kartu kesehatan BPJS dan tanggal lahir pemilik nomor BPJS tersebut. Setelah Anda berhasil mengetik nomor dan tanggal lahir Anda, klik validasi dan informasi BPJS akan segera keluar.

  1. Cek dan Bayar Iuran BPJS lewat ATM

Selain lewat situs resmi BPJS, Anda juga bisa mengecek dan bayar tagihan program tersebut lewat ATM atau bank. Ini mungkin adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membayar iuran BPJS tiap bulannya. BPJS sendiri bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia seperti Mandiri, BNI, BRI, dan bank-bank lainnya.

Untuk mengecek informasi BPJS Anda lewat ATM, datanglah ke tempat-tempat ATM terdekat. Setelah Anda mendatangi tempat ATM pilihan Anda, Anda dapat memasukkan kartu ATM sesuai bank yang Anda pilih. Masukkan pin ATM Anda untuk mulai menu transaksi. Setelah menu pertama muncul, pilihlah menu “transaksi lain”. Karena BPJS merupakan tagihan atau iuran, masuklah ke menu yang berjudul “pembayaran”. Setelah berhasil masuk, pilihlah menu pembayaran “lainnya”. Setelah itu, pasti muncul menu BPJS.

Jika Anda berhasil masuk ke menu BPJS lewat ATM. Anda perlu memasukkan virtual account BPJS untuk mulai transaksi dari ATM bank ke akun BPJS Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan nomor BPJS Anda. Masukkanlah angka 88888 dan kemudian 11 angka nomor terakhir yang terletak pada nomor BPJS Anda. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa informasi dan tagihan pada akun BPJS Anda.

Ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan BPJS. BPJS kesehatan merupakan salah satu program asuransi yang sangat populer karena kemudahannya. Terlebih lagi, iuran BPJS juga dibilang terjangkau. Terlebih lagi, program BPJS merupakan program pemerintah. Maka dari itu, asuransi BPJS lebih terpercaya. Anda juga bisa dengan mudah cara cek tagihan BPJS dengan mudah lewat berbagai macam cara.

Close Menu
error: Content is protected !!